Cari

Tuesday 27 September 2016

Mahasiswa Baru Tidak Bisa Beradaptasi dan Meninggal???

          Fenomena mahasiswa baru akhir-akhir ini memang sangat marak sekali. Mengingat saat ini tengah memasuki tahun ajaran baru. Berbagai universitas di Indonesia memang tidak bersamaan dalam memulai masa perkuliahan, namun kebanyakan dari mereka hampir bersamaan.

          Para mahasiswa baru tak hanya dari kota sendiri dimana suatu universitas berdiri itu saja, namun juga dari beberapa daerah diluar domisili instansi pendidikan tersebut. Apalagi bila memang lembaga pendidikan tersebut sudah terkenal dan diakui kualitasnya baik nasional maupun internasional. Dengan begitu akan semakin banyak peminatnya, bahkan hingga dari luar negeri pun ada yang ingin menempuh pendidikan di tempat tersebut.

          Beberapa mahasiswa mungkin dengan mudah dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Namun tentunya ada juga yang sulit menyesuaikan. Hal ini dapat menyebabkan mereka sulit untuk mengatur kehidupan mereka. Bagaimana mereka mengatur waktu untuk kuliah, belajar, mengerjakan tugas, atau bahkan hingga mereka tidak memperhatikan pola makannya.

          Berbicara tentang pola makan tentunya sangat penting. Mengingat kodrat kita sebagai manusia yang membutuhkan asupan energi yang pastinya berasal dari makanan. Namun acap kali hal ini lalai dari perhatian mahasiswa baru bahkan juga mahasiswa lama. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kasus ini terjadi, yaitu karena memang jadwal yang padat dalam keseharian mereka sehingga manajemen waktu tidak terkoordinir dengan baik atau disebabkan oleh tidak mampunya adaptasi terhadap lingkungan sekitar yang membuat mereka malas untuk sekedar pergi keluar mencari makan. Hal ini biasanya terjadi pada mahasiswa baru yang baru mengenal lingkungan tersebut.

         Meskipun memang kita tidak akan meninggal karena makan yang tidak teratur atau bahkan tidak makan dalam jangka waktu tertentu. Namun tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan dan akan merugikan diri mereka sendiri. Dengan banyaknya aktivitas yang mereka lakukan tentunya akan sangat menguras energi. Jika tidak diimbangi dengan makan yang cukup, hal ini justru akan menyebabkan kegiatan yang mereka lakukan tidak terlaksanan dengan maksimal. Akibat lain yang ditimbulkan dari kebiasaan ini adalah dapat mengganggu kesehatan dalam jangka waktu tertentu karena pengorganisasian dalam tubuh tidak teratur dengan baik seperti pada normalnya.

          Diharapkan para mahasiswa dapat mengatur pola makannya sehingga dapat menunjang kinerjanya dalam menghadapi aktivitas yang padat. Terutama bagi mahasiswa baru juga diharapkan segera mampu beradaptasi dan menyatu dengan lingkungannya agar tidak canggung lagi dengan keadaan sekitar. Selamat berjuang para mahasiswa baru. Sipakan dirimu untuk bangsa ini.

No comments:

Post a Comment